Primer Cat Tembok

Cat tembok primer adalah cat dasar yang digunakan sebelum anda memulai pengecatan di tembok yang anda inginkan, baik pada tembok baru atau tembok lama. Pada permukaan tembok yang telah lama mungkin memiliki warna cat yang sudah tidak bagus lagi, sehingga permukaannya tidak halus, dan terdapat noda-noda yang harus dihilangkan. Hal yang harus diperhatikan pada tembok lama sebelum mengecat kembali adalah :

  1. Bila terjadi pengapuran, amplas atau bersihkan debu-debu pengapuran dengan lap yang dibasahi air sampai kelapisan cat yang tidak mengapur
  2. Bila lapisan cat lama sudah tebal atau terkelupas, kerok seluruhnya sampai kedasar tembok.Bila lapisan lama berasal dari cat kualitas rendah dimana mudah larut dengan air, sebaiknya dikerok seluruhnya sampai kedasar tembok.
  3. Bila permukaan tembok berlumut atau berjamur cuci dengan larutan kaporit 10-15%

Cat dasar juga membantu mencegah serangan alkali yang terkandung dalam campuran semen-pasir-air (material pembentuk tembok). Sebelum memberi cat dasar, dinding harus benar-benar kering dan bersih.

Pemberian Cat Dasar

Cat dasar untuk tembok dibagi dua :

  1. Cat dasar yang berupa varnish dasar air yaitu cat tanpa pigmen dengan dasar emulsi acrylic 100%. Cat dasar ini biasanya disebut Wall Sealer Water Base. Wall Sealer sangat baik untuk tembok baru yang banyak retak rambut untuk mengisi celah-celahnya dan untuk menguatkan lapisan cat lama yang mulai mengapur.
  2. Cat dasar yang berupa cat tembok warna putih dengan dasar emulsi acrylic 100% dan mempunyai daya tahan alkali yang tinggi, daya rekat serta daya isi yang baik serta kadar bahan anti jamur cukup tinggi. Cat dasar ini disebut Alkali Resisting Primer atau Undercoat Tembok.

Cara Pemakaian :

  1. Encerkan cat sesuai dengan petunjuk pabrik, jangan berlebihan, karena dapat menghilangkan fungsi cat dasar
  2. Beri 1 atau 2 lapis cat dasar.

‚ÄčTersedia dalam kemasan liter ( 2.5L, 20L ) dan kilogram ( 1Kg, 4Kg, 5Kg, 21Kg, 25Kg )

 

Sort By:
Show:
Display: List Grid